Kamis, 09 Februari 2017

Apa Itu Kelenjar Prostat ? Fungsi & Cara Kerja Pada Pria

Selamat datang di satu-satunya website seputarkankerprostat.blogspot.co.id yang secara lengkap membahas informasi tentang penyakit kanker prostat dari mulai definisi kanker prostat, gejala kanker prostat, penyebab kanker prostat informasi lengkap lainnya tentang kanker prostat.

Apa Itu Kelenjar Prostat ? Fungsi & Cara Kerja Pada Pria

Apa Itu Kelenjar Prostat ? Fungsi & Cara Kerja Pada Pria

Apa Itu Kelenjar Prostat ? Fungsi & Cara Kerja Pada Pria - Prostat adalah kelenjar seukuran kenari dan beratnya sekitar 30 gram (sekitar 1 ons). Ini adalah bagian dari sistem reproduksi laki-laki dan terletak di dalam tubuh yang fungsi utamanya adalah untuk mengeluarkan cairan prostat, salah satu komponen dari air mani. Otot-otot kelenjar prostat juga membantu mendorong cairan mani ini ke uretra saat ejakulasi.

Selama ejakulasi, jutaan sperma bergerak dari testis melalui tabung yang disebut vas deferens ke daerah prostat. Pada titik ini, kontrak prostat, menutup pembukaan antara kandung kemih dan uretra, melepaskan cairan ke uretra dan mendorong mani melalui.

Cairan diekskresikan oleh prostat membuat sekitar sepertiga dari total volume air mani dan mengandung berbagai enzim, seng dan asam sitrat. Meskipun cairan prostat mengandung sedikit asam, cairan lain dalam air mani yang dibuat oleh vesikula seminalis daun semen sedikit basa.

Alkalinitas ini membantu melindungi sperma dan memperpanjang hidup mereka setelah mereka disimpan dalam lingkungan asam dari vagina, menurut buku pelajaran biologi, "Life: The Science of Biology, Kedelapan Penambahan" (Sinauer Associates, 2008).

Salah satu komponen cairan prostat enzim yang disebut Prostate Specific Antigen (PSA) juga membantu dalam keberhasilan sperma dengan mencairkan semen yang mengental setelah ejakulasi.

Selain itu, apa lagi fungsi dan cara kerja kelenjar prostat pada pria ?
  • Otot-otot prostat bekerja dengan otot sfingter di kandung kemih untuk membantu menutup lorong antara uretra melalui kandung kemih. Hal ini untuk mencegah cairan memasuki kandung kemih saat ejakulasi.
  • Otot-otot di zona tengah prostat menutup saluran mani saat buang air kecil sehingga urin yang tidak mampu untuk masuk.
  • Testosteron diubah menjadi bentuk aktif biologis lebih kuat (dihydrotestosterone) dalam prostat.
Lebih dari separuh pria di usia 60-an menderita pertumbuhan prostat yang disebut jinak prostatic hyperplasia (BPH), menurut OSU Medical Center. Pada usia 70 atau 80, kesempatan pria untuk menderita BPH melompat menjadi 90 persen.

Ketika prostat membesar, hal ini juga bisa menandakan kanker. Diperkirakan bahwa lebih dari 200.000 orang akan didiagnosis dengan kanker prostat pada tahun 2010, menurut National Cancer Institute.

Meskipun mitos bahwa sering ejakulasi dapat mengurangi risiko kanker prostat telah berkembang dalam budaya populer, tidak ada bukti ilmiah bahwa ini benar, menurut Mayo Clinic.

Source : http://www.livescience.com/32751-what-does-the-prostate-gland-do.html

Terimakasih sudah berkunjung, semoga artikelnya bermanfaat :)

Baca juga artikel lainnya :



Apa Itu Kelenjar Prostat ? Fungsi & Cara Kerja Pada Pria

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar