Sabtu, 25 Maret 2017

Jenis Dan Macam Macam Penyakit Pada Prostat

Selamat datang di satu-satunya website SeputarKankerProstat.Blogspot.Co.Id yang secara lengkap membahas informasi tentang penyakit kanker prostat dari mulai definisi kanker prostat, gejala kanker prostat, penyebab kanker prostat informasi lengkap lainnya tentang kanker prostat.

Jenis Dan Macam Macam Penyakit Pada Prostat

Jenis Dan Macam Macam Penyakit Pada Prostat

Jenis Dan Macam Macam Penyakit Pada Prostat - Prostat adalah kelenjar seukuran kenari dan beratnya sekitar 30 gram (sekitar 1 ons). Ini adalah bagian dari sistem reproduksi laki-laki dan terletak di dalam tubuh.

Fungsi utama dari kelenjar prosatat sendiri adalah untuk mengeluarkan cairan prostat, salah satu komponen dari air mani, http://seputarkankerprostat.blogspot.co.id/2017/02/apa-itu-kelenjar-prostat-fungsi-cara.html.

Seperti bagian tubuh lainnya, kelenjar prosat ini juga ternyata dapat mengalami gangguan atau bahkan terserang berbagai penyakit seperti radang prostat, prostatitis hingga jenis penyakit berbahaya yaitu kanker prostat.

Di bawah ini terdapat beberapa jenis penyakit yang dapat menyerang kelenar prostat, diantaranya :

Peradangan prostat / prostatitis

Prostatitis adalah pembengkakan dan peradangan pada kelenjar prostat. Prostatitis sering menyebabkan nyeri buang air kecil atau sulit. Gejala lain termasuk nyeri di selangkangan, daerah panggul atau alat kelamin dan gejala kadang-kadang seperti flu.

Jenis penyakit prostat ini dapat dibedakan menjadi 2 macam yaitu prostatitis akut dan prostatitis kronis serta prostatitis non-bakteri. Prostatitis akut terjadi ketika kelenjar prostat Anda menjadi tiba-tiba meradang sedangkan prostat kronis terkadang bisa terjadi jika langkah pengobatan prostatitis akut tidak berhasil membasmi seluruh bakteri. Akibtnya, bakteri masih ada yang tersisa dalam prostat dan memicu kekambuhan.

Prostatitis mempengaruhi orang dari segala usia, tetapi cenderung lebih sering terjadi pada pria 50 tahun atau lebih muda. Kondisi ini memiliki beberapa penyebab. Kadang-kadang penyebabnya tidak teridentifikasi. Jika prostatitis disebabkan oleh infeksi bakteri, biasanya dapat diobati dengan antibiotik.

Pembesara prostat / benign prostatic hyperplasia

Pembesaran prostat adalah kondisi yang sangat umum yang terkait dengan penuaan. Lebih dari sepertiga dari semua pria di atas 50 tahun akan memiliki beberapa gejala pembesaran prostat. Jika prostat tumbuh terlalu besar, hal ini dapat memungkinkan menyempitkan uretra dan menghambat aliran urin, membuat buang air kecil sulit dan menyakitkan.

Dalam sejumlah kecil kasus, BPH dapat menyebabkan kandung kemih akan diblokir, sehingga tidak mungkin atau sangat sulit untuk buang air kecil. Masalah ini dapat menyebabkan cadangan urin (retensi urin), yang mengarah ke infeksi kandung kemih atau batu, atau kerusakan ginjal.

Kanker prostat

Kanker prostat terjadi ketika sel-sel abnormal berkembang di prostat. Sel-sel yang abnormal dapat terus berkembang biak dengan cara yang tidak terkendali dan kadang-kadang menyebar di luar prostat ke bagian terdekat atau jauh dari tubuh.

Baca juga : Definisi Kanker Prostat

Kanker prostat umumnya termasuk ke dalam penyakit yang tumbuh lambat dan mayoritas pria dengan kanker prostat kelas rendah hidup selama bertahun-tahun tanpa merasakan gejala apapun dan tanpa gejala tersebut kemudian menyebar mengancam jiwa.

Apa penyebab kanker prostat ? Sampai saat ini tidak jelas mengapa kanker prostat dapat berkembang, beberapa dokter mengtahui bahwa kanker prostat dimulai ketika beberapa sel dalam prostat Anda menjadi abnormal.

Mutasi pada DNA sel yang abnormal 'menyebabkan sel-sel tumbuh dan membelah lebih cepat dari sel normal. Sel-sel yang abnormal terus hidup, ketika sel-sel lainnya akan mati. Sel-sel yang abnormal terakumulasi membentuk tumor yang dapat tumbuh untuk menyerang jaringan di dekatnya. Beberapa sel abnormal dapat pecah dan menyebar (metastasis) ke bagian lain dari tubuh.

Source : http://www.mayoclinic.org/

Baca juga artikel lainnya :


Jenis Dan Macam Macam Penyakit Pada Prostat

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar